Home » » Definisi Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Definisi Sistem Informasi Menurut Para Ahli


Artikel ini membahas tentang :
Definisi sistem informasi menurut ahli
Defini sistem menurut para ahli
Definisi Informasi menurut para ahli
Definisi  Data menurut para ahli

Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai definisi sistem informasi, maka peru dijelaskan dahulu definisi sistem, definisi data, dan definisi informasi. 

Sistem merupakan kumpulan unsur yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya, yang berfungsi bersama – sama untuk mencapai suatu tujuan yang dicita – citakan.  Sedangkan data merupakan “fakta dari suatu pernyataan yang berasal dari kenyataan, dimana pernyataan tersebut merupakan hasil pengukuran atau pengamatan”.  Adapun informasi merupakan sekumpulan data yang diolah berdasarkan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerimanya.  Dengan demkian, sistem informasi merupakan “kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain, kemudian membentuk satu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memproses, menyimpan, serta mendistribusikan informasi (Sutabari, 55-56)

Elemen / komponen Sistem Informasi menurut para ahli

Sistem informasi terdiri dari elemen­-elemen yang  terdiri dari orang, prosedur, perangkat  keras, perangkat lunak, basis data, jaringan komputer dan komunikasi data. Semua elemen ini  merupakan komponen fisik.
Orang 
Orang  atau  personil yang  di maksudkan yaitu  operator komputer, analis sistem, programmer, personil data entry, dan manajer sistem informasi/EDP 

Prosedur 
Prosedur merupakan  elemen fisik. Hal ini di sebabkan  karena  prosedur  disediakan  dalam  bentuk  fisik seperti buku  panduan dan  instruksi. Ada  3  jenis prosedur  yang dibutuhkan, yaitu instruksi untuk pemakai, instruksi untuk penyiapan masukan, instruksi pengoperasian  untuk karyawan pusat komputer.

Perangkat keras
Perangkat keras bagi suatu  sistem informasi terdiri atas komputer  (pusat pengolah, unit  masukan/keluaran), peralatan penyiapan data, dan terminal masukan/keluaran.

Perangkat lunak 
Perangkat lunak dapat dibagi dalam 3 jenis utama : a.  Sistem perangkat lunak umum, seperti sistem pengoperasian dan sistem manajemen data  yang memungkinkan pengoperasian sistem komputer. b. Aplikasi perangkat lunak umum, seperti model analisis dan keputusan. c.  Aplikasi pernagkat lunak  yang  terdiri atas program yang secara spesifik  dibuat untuk  setiap aplikasi.

Basis data 
File  yang  berisi program dan data  dibuktikan dengan adanya  media  penyimpanan secara  fisik seperti diskette, hard disk, magnetic tape, dan sebagainya. File juga meliputi keluaran  tercetak dan catatan lain diatas kertas, mikro film, an lain sebagainya.

Jaringan komputer 
Jaringan komputer  adalah sebuah kumpulan komputer, printer  dan peralatan lainnya  yang  terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel­kabel atau tanpa  kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen  dan data

Komunikasi data 
Komunikasi data  adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang  secara  khusus berkenaan  dengan  transmisi atau  pemindahan  data  dan informasi diantara  komputerkomputer  dan piranti­piranti yang  lain dalam bentuk  digital yang  dikirimkan  melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital. Komunikasi data  merupakan bagian vital dari suatu  sistem informasi karena  sistem ini  menyediakan infrastruktur yang  memungkinkan komputer­komputer  dapat berkomunikasi  satu sama lain (Magaline, 2013).

Demikian artikel tentang definisi sistem informasi  menurut para ahli semoga bermanfaat
 

0 komentar :

Posting Komentar

< -->