Home » » Pengertian Metode Kualitatif Menurut Para Ahli

Pengertian Metode Kualitatif Menurut Para Ahli



Dalam postingan ini akan dijelaskan tentang pengertian metode kualitatif menurut para ahli, apa saja ciri ciri metode kuantitatif, kemudian dijelaskan juga tentang tektik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif.

namun dipostingan ini pun sebenarnya sudah dijelaskan secara rinci terkait definisi metode kualitatif, silakan klik di sini.

Pengertian Metode Kualitatif Menurut Para Ahli

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli


Metode kualitatif merupakan metode penelitian ilmiah yang mempunyai tujuan dalam memahami suatu fenomena dengan mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara seorang peneliti dengan sesuatu yang diteliti (Moelong, 2010). 

Menurut nanah (20160 metode kualitatif merupakan sebuah metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis suatu peristiwa fenomena sikap aktivitas sosial persepsi kepercayaan serta kondisi tertentu yang dialami oleh seseorang.

Metode kualitatif menurut Sukardi (2011) merupakan sebuah metode penelitian yang berdasarkan kualitas atau mutu dari tujuan penelitian tersebut.

Definisi Metode Kualitatif Menurut Para Ahli


Metode penelitian kualitatif menurut Saryono (2010) merupakan sebuah penelitian yang akan digunakan untuk menemukan menjelaskan menggambarkan dan menyelidiki suatu fenomena yang tidak dapat diukur dengan angka kuantitatif.

Definisi metode kualitatif menurut Sugiyono (2010) yaitu latihan yang landasannya berdasarkan filsafat post positifisme.

Pengertian metode kualitatif menurut Miller (2005) merupakan suatu metode penelitian yang bergantung pada sebuah pengamatan terhadap objek yang diteliti.

Metode kualitatif merupakan metode yang hasil temuannya tidak dapat diperoleh menggunakan cara atau prosedur statistik atau prosedur pengukuran (Korbin, 2009)

Menurut bogdan (20100 metode penelitian kualitatif yaitu  sebuah metode penelitian yang menghasilkan sebuah data deskriptif dari objek penelitian yang telah diamati.

Ciri Ciri Metode Kualitatif


Dalam penelitian kualitatif ada beberapa ciri-cirinya yaitu :
  1. Penelitian kualitatif biasanya bersifat deskriptif yaitu data yang terkumpul dan dihasilkan merupakan dalam bentuk kata-kata atau gambar dan bukan merupakan angka kuantitatif
  2. penelitian kualitatif biasanya menekankan pada suatu proses kerja yaitu seluruh fenomena yang dihadapi diterjemahkan dalam kegiatan sehari-hari terutama dalam bidang Kebidanan 
  3. ciri-cirinya yaitu penelitian kualitatif biasanya menggunakan pendekatan induktif.

Teknik Pengumpulan data Metode Penelitian Kualitatif

Dalam penelitian kualitatif adalah beberapa teknik pengumpulan data yang harus dilakukan yang pertama yaitu teknik observasi. Selengkapnya baca tulisan tentang Definisi Observasi menurut para ahli berikut..

Pengertian Observasi dalam penelitian kualitatif

Observasi merupakan sebuah langkah yang dilakukan oleh peneliti untuk mengamati mendengar dan melihat perilaku ataupun fenomena yang menjadi fokus dari penelitian tersebut dalam rangka untuk memperoleh data-data penelitian.

Yang kedua yaitu metode wawancara yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara informasi yang telah ditentukan. 

Jenis Jenis Wawancara

Dalam prakteknya wawancara itu dibagi menjadi tiga pertama yaitu antara terstruktur merupakan sebuah wawancara yang sebelumnya telah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan sehingga pada saat melakukan proses wawancara yang ditanyakan adalah pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun tersebut.

Yang kedua yaitu wawancara semi terstruktur merupakan sebuah teknik wawancara yang berusaha untuk menggali lebih dalam terkait jawaban-jawaban yang telah diberikan oleh informan. Biasanya teknik wawancara ini biasanya penelitiannya menyiapkan poin-poinnya saja.

Yang ketiga yaitu wawancara tidak terstruktur yaitu peneliti hanya menyiapkan daftar pertanyaan saja akan tetapi pertanyaan-pertanyaan tersebut nantinya tidak ditayangkan secara berurutan

Demikian artikel tentang pengertia metode kuantitatif, semoga bermanfaat.
Baca juga : Definisi metode kuantitatif menurut para ahli


0 komentar :

Posting Komentar