Home » » Pengertian Metode Kuantitatif Menurut Sugiyono

Pengertian Metode Kuantitatif Menurut Sugiyono


Sugiyono dalam bukunya yang berjudul metode peelitian pendidikan : Pendekatan kantitatif, kualitatif, dan R&D (research and development) menyatakan bahwa metode penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.


Filsafat positivisme memandang bahwa segala sesuatu itu bisa diklasifikasikan, bisa diamatai, bisa diukur, memiliki sebab akibat, sehingga hasil dari penelitian kuaantitatif ini selalu bisa diukur oleh matematika. Penelitian kuantitatif pada umumnya dilakukan dengan menggunakan populasi dan sampel penelitian. 

Penelitian Kuantitatif Dilaksanakan Jika :


  1. Bila masalah yang merupakan titik tolak penelitian sudah jelas. Masalah adalah penyimpangan antara yang seharusnya dengan yang terjadi, antara aturan dengan pelaksanaan, antara teori dan praktek, antara rencana dengan pelaksanaan.
  2. Bila peneliti ingin mendapatkan informasi yang luas dari suatu populasi. Metode penelitian kuantitatif cocok digunakan untuk mendapatkan informasi yang luas tetapi tidak mendalam
  3. Bila ingin diketahui pengaruh perlakuan/treatment tertentu terhadap yang lain. Untuk kepentingan ini metode eksperimen paling cocok digunakan
  4. Bila peneliti bermaksud menguji hipotesis penelitian.
  5. Bila peneliti ingin mendapatkan data yang akurat.
  6. Bila ingin menguji terhadap adanya keragu-raguan tentang validitas pengetahuan, teori, dan produk tertent

0 komentar :

Posting Komentar

< -->