Home » , » Definisi Observasi Partisipan Menurut Para Ahli

Definisi Observasi Partisipan Menurut Para Ahli

Sebelum membaca postingan tentang pengertian observasi partisipan menurut para ahli, kalian perlu tahu dulu jenis  teknik pengumpulan data dalam sebuah penelitian, khususnya pada penelitian kualitatif, dan salah satu teknik pengumpulan data tersebut adalah dengan cara observasi. 

Definisi Observasi Partisipan Menurut Para Ahli

Definisi Observasi Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud observasi?. Nasution dalam Sugiyono (2010) menjelaskan definisi observasi merupakan sebuah langkah yang dilakukan untuk memperoleh data penelitian. Selain itu ada juga definisi yang menjelaskan bahwa observais merupakan suatu kegiatan terhadap suatu objek maupun proses yang bertujuan untuk merasakan, mengetahui, serta mengetahui sebuah pengetahuan dari sebuah fenomena, untuk mendapatkan informasi informasi yang dibutuhkan dalam proses penelitian.

Sedangkan menurut Syaodih, menjelaskan bahwa observasi merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mendapatkan data dengan cara melaksanakan pengamatan terhadap kegiatan yang telah berlangsung.


Jenis Jenis Observasi Menurut Para Ahli
 Ada beberapa jenis observasi dalam penelitian :
  1. Observasi Partisipan
  2. Observasi Terus Terang dan Tersamar
  3. Observasu Tak Berstruktur

Definisi Observasi Partisipan Menurut Para Ahli

Dalam postingan ini khusus akan dijelaskan tentang definisi observasi partisipan. Observasi partisipan merupakan sebuah observasi dimana peneliti ikut langsung dalam kegiatan yang sedang ia amati. Misalnya gini :

Ada sebuah penelitian yang meneliti tentang kualitas pelayanan yang ada di sebuah perpustakaan. Nah, untuk mendapatkan data itu, peneliti harus ikut langsung dalam pelayanan perpustakaan tersebut. Dari keikut sertaan peneliti dalam kegiatan pelayanan tersbeut, maka secara otomatis peneliti mengetahui langsung bagaimana pustakawan pustakawan di perpustakaan tersbeut melayani pengguna perpustakaan.

Demikian artikel tentang pengertian observasi partisipan menurut para ahli, semoga artikel ini bermanfaat buat anda.




0 komentar :

Posting Komentar