Home » , » Definisi Observasi Menurut Para Ahli

Definisi Observasi Menurut Para Ahli

Observasi merupakan salah satu teknik pengumpulan data dalam penelitian. Postingan sebelumnya telah disinggung mengenai pengertian observasi penelitian, serta dijelaskan juga terkait macam macam observasi serta penjelasannya.

Nah, dalam postingan ini khusus akan dijekaskan mengenai definisi observasi penelitian menurut para ahli.

Pengertian Observasi Penelitian Menurut Para Ahli

Definisi Observasi Menurut Para Ahli
Apa itu observasi? Margono menjelaskan bahwa observasi yaitu kegiatan untuk mengamati maupun mencatat terhadap fenomena fenomena yang terjadi pada objek yang diteliti. 

Tidak hanya itu saja, pengertian observasi menurut para ahli khususnya menurut bungin merupakan, suatu langkah langkah yang dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan data penelitian melalui proses pengamatan di lapangan.

Apa yang dimaksud dengan observasi?

Arikunto menjelaskan bahwa observasi merupakan sebuah pengamatan langsung terhadap objek penelitian untuk mengumpulkan data data yang dibutuhkan dalam penelitian tersebut.

Jenis Jenis Observasi Penelitian

Sugiyono (2010) menjelaskan bahwa teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi dibagi menjadi tiga, yaitu : 
  1. Observasi partisipatif
    Apa itu observasi partisipatif? Sugiyono (2010) menjelaskan bahwa observasi partsipatif merupakan sebuah observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan ikut langsung dalam kegiatan yang sedang di amati.
    Sebagai contoh :
    Ada seorang peneliti yang sedang meniliti tentang kedisiplinan siswa sd tertentu, maka peneliti  dituntut untuk mampu terlibat langsung dalam kegiatan kegiatan yang ada disekolah itu, misalnya ia terlibat menjadi guru, atau yang lain, sehingg secara tidak langsung ia bisa mengamati gejala gejala yang ada pada sekolah tersebut.

  2. Observasi terus terang dan tersamar
    Observasi terus terang merupakan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan terus terang ngomong langsung kepada informan. Maksudnya gimana? jadi gini, dalam kasus ini peneliti sejak awal bilang kepada informan bahwa ia akan melakukan observasi di tempat tersbut, sehingga pihak informan mengetahui jika ia sedang diobservasi.
    Namun dalam kondisi tertentu, peneliti juga harus melakukan observasi  secara tersamar. Apa yang dimaksud observasi tersamar?. jadi gini, dalam kasus ini peneliti tidak menjelaskan kepada informan bahwa ia sedang melakukan penelitian, ia hanya sekedar melihat ataupun mengamati hal hal yang diteliti saja, dengan tujuan agar data yang diperoleh bisa valid tanpa adanya pencitraan.
  3. Observasi tak berstruktur
    Observasi tak berstruktur merupakan observasi yang tidak dipersiapkan secara sostematis sebelumnya, dengan kata lain peneliti tidak menggunakan instrumen  yang telah ditetapkan
Demikian artikel tenyang pengertian observasi menurut para ahli, semoga bisa menjawab pertanyaan anda mengenai apa arti observasi.
Semangat.


0 komentar :

Posting Komentar

< -->