Home » » Definisi Peran dan Peranan Menurut Para Ahli

Definisi Peran dan Peranan Menurut Para Ahli

Sebelum kita membahas tentang definisi peran menurut para ahli, kita perlu jelaskan dulu apa itu peran. 

Pengertian Peran Menurut Para Ahli

Peran adalah pelaksanaan hak dan kewajiban seseorang sesuai dengan kedudukannya. Peran menentukan apa yang harus diperbuat seseorang bagi masyarakat serta kesempatan-kesempatan apa yang diberikan masyarakat kepadanya. Selain itu, ada juga definisi yang menyebutkan bahwa peran merupakan perangkat tingkah yang diharapkan dimiliki oleh orang yang berkedudukan di masyarakat.

Tidak hanya itu saja, ada juga definisi yang menjelaskan bahwa peran merupakan konsep perilaku apa yang dapat dilaksanakan oleh individu-individu dalam masyarakat sebagai organisasi. Peran juga dapat dikatakan sebagai perilaku individu, yang penting bagi struktur sosial masyarakat.

Pengertian Peranan Menurut Para Ahli

Ada banyak definisi yang menjelaskan terkait dengan apa itu peranan, diantarantya yaitu peranan merupakan sesuatu perilaku yang dilaksanakan oleh seseorang yang menempati suatu posisi dalam masyarakat. Sedangkan Astrid S. Susanto (1979:94) menyatakan bahwa peranan adalah dinamisasi dari statis ataupun penggunaan dari pihak dan kewajiban atau disebut subyektif


Perbedaan Peran dan Peranan Menurut Para Ahli





0 komentar :

Posting Komentar

< -->