Home » » Definisi Pemimpin Menurut Para Ahli

Definisi Pemimpin Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian dan definisi pemimpin menurut parah ahli[1]  :  pemimpin merupakan seseorang yang menjadi fokus dalam perilaku kelompok, pemimpin juga diartikan sebagai seseorang yang mempunyai kemampuan memimpin suatu kelompok yang mengarah ke tujuan tertentu. Selain itu ada juga pengertian pemimpun yang menyebutkan bahwa pemimpin merupakan yang dipimpin oleh anggota kelompokknya untuk memimpin kelompok tersebut. Pemimpin juga bisa diartikan sebagai seseorang yang mampu mendemonstrarasikan pengaruhnya terhadap kelompok yang bersangkutan.

Baca juga : definisi knowledge manajemen menurut para ahli




Definisi Pemimpin dalam perpesktif islam

Sedangkan dalam Islam, pemimpin sering disebut dengan khalifah, yaitu berarti sosok manusia yang dibekali kelebihan akal, pikiran dan pengetahuan untuk mengatur ataupun mengelola sesuatu. Selain khalifah, pemimpin dalam Islam juga sering disebut denga Imam, yaitu pemimpin spiritual yang harus diteladani ataupun dicontoh perliaku maupun fatwa – fatwanya. Tidak hanya itu saja, dalam Islam pemimpin juga sering disebut dengan amr, yaitu pemimpin yang mempunyai wewenang untuk mengatur suatu masyarakat[2].

Baca juga : definisi manajemen menurut para ahli
Istilah waly juga sering digunakan untuk merepresentasikan istilah pemimpin dalam Islam, hal itu disebutkan dalam surat Al-Maidah ayat 51. Terakhir adalah ra`in yang berarti pengelola atau pemimpin untuk meraih ridha Allah[3].
Pemimpin menurut kumaran berbeda dengan manager, pemimpin (leader) berfokus pada memotivasi dan mempengaruhi orang (bawahan), membuat tujuan dan arah organisasi serta menjadi pelatih yang mengajarkan pada bawahannya tentang sebuah pekerjaan bukan sekedar pengawas. [4]


Pengertian Pemimpin Menurut Para Ahli

Dari uraian di atas maka dapat diambil pengertian bahwa, pemimpin merupakan seseorang yang membuat tujuan organisasi serta memotivasi, mempengaruhi, mengajari dan melatih yang dipimpin untuk melakukan pekerjaan dan  mencapai tujuan tertentu bertugas untuk memimpin, ataupun mengatur kelompoknya agar mau melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan.  Pemimpin itulah yang akan membawa arah organisasi dan orang-orang yang dipimpinnya maka dalam Islam ada kriteria dalam memilih pemimpin yaitu jangan memilih orang yahudi dan nasrani. (QS Al Maidah 51).


tag : apa itu pemimpin, apa pengertian pemimpin menurut para ahli, definisi pemimpin dalam perspektif islam itu apa




[1] Yusuf. Dinamika Kelompok : Kerangka Studi dalam Perspektif Psikologi Sosial. (Bandung : Armico, 2009). Hlm.17.
[2] Lasmanto, Gaya kepemimpinan Kiai pondok Pesantren Binaul Umat Sentran Sumberarum Moyudan Sleman Yogyakarta, Thesis, (Yogyakarta:PPs UIN Sunan Kalijaga, 2010), hlm.10.
[3] Ibid, hlm.11.
[4] Kumaran, Maha, Leadership in libraries : a focus on ethnic-minority librarians. (New Delhi : Oxford cambridge, 2012) hlm. 55

0 komentar :

Posting Komentar