Home » » Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif

Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif

Dipostingan sebelumnya telah dijelaskan tentang pengertian metode kualitatif menurut para ahli, beserta tahapan tahapannya. Nah.... khusus postingan ini akan dijelaskan terkait bagaimana teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dalam mengumpulkan data penelitian kualitatif.
Teknik pengumpulan data merupakan cara mengumpulkan data yang dubutuhkan untuk menjawab rumusan masalah penelitian (Juliansyah, 2011: 108). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

Definisi Wawancara Menurut Para Ahli

            Wawancara

Wawancara merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara berhadapan secara langsung dengan yang diwawancarai, tetapi dapat juga diberikan daftar pertanyaan terlebih dahulu untuk dijawab pada kesempatan lain (Juliansyah, 138: 2011). Dalam penelitian ini wawancara menggunakan jenis wawancara bebas terpimpin, dalam artian pertanyaan yang diajukan kepada responden sudah dipersiapkan sebelumnya, akan tetapi pertanyaan disampaikan tidak harus sama persis dengan konsep sebelumnya. Menurut Sugiyono (2010: 197) wawancara bebas terpimpin bisa disebut dengan wawancara tidak terstruktur, dimana dalam hal ini peneliti tidak menggunakan pedoman wawancara yang telah tersusun secara sistematis dan lengkap untuk pengumpulan datanya. Wawancara ini ditujukan kepada subjek penelitian yang telah disebutkan di atas.
Baca juga : definisi metode kualitatif menurut para ahli
Baca juga : definisi penelitian kuantitatif menurut para ahli

Definisi Observasi Menurut Para Ahl

Observasi

Observasi merupakan proses pengamatan peneliti yang dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung (Juliansyah, 140: 2011). Observasi berfungsi untuk mengetahui secara mendalam tentang objek yang dikaji. Dalam penelitian ini, observasi yang digunakan adalah Observasi Partisipasi (Participant Observation), yaitu metode pengumpulan data yang digunakan untuk menghimpun data penelitian melalui pengamatan dan penginderaan dimana observer benar-benar terlibat langsung dalam kegiatan keseharian responden (Juliansyah, 141: 2011).

Definisi Dokumentasi Penelitian menurut Para Ahli

Dokumentasi

Sugiyono (2010:240) menjelaskan dokumentasi merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu.  Sedangkan Arikunto (2000:85) mendefinisikan dokumentasi adalah pengumpulan data dengan menyelidiki  buku-buku, majalah, surat kabar, laporan program, notulen, rapat, dan sebagainya

0 komentar :

Posting Komentar