Home » » Pengertian Website Menurut Para Ahli

Pengertian Website Menurut Para Ahli



  1. Apa itu website          
  2. unsur unsur apa saja yang harus ada pada website
  3. bahasa pemrograman apa saja yang dibutuhkan dalam membuat website

Website atau yang biasa disingkat dengan web, merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Melalui web, visitor dapat mengakses informasi-informasi berupa teks, gambar, suara, film, animasi, dll. Web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar pada beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan terhubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet (Ulum, 2012).
Pengertian Website Menurut Para Ahli


Wesbsite juga diartikan sebagai fasilitas hipertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, suara, animasi, dan data multimedia lainnya. Sesuai dengan jenisnya website dibagi menjadi dua, yaitu website statis dan website dinamis. Disebut dengan statis jika berisi/menampilkan informasi yang tetap, selain itu user tidak dapat berinteraksi  dengan administrator. Sedangkan website dinamis diartikan sebagai website yang memuat konten-kontern yang dapat menjadikan user dengan administrator saling berinteraksi (Wahana Komputer, dan Penerbit Andi, 2006 : 2). 
Dalam merancang website, ada beberapa unsur ataupun komponen yang perlu diketahui, yaitu diantaranya:

Pengertian Domain Menurut Para Ahli

1.         Domain
Domain diartikan sebagai nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet (Nugroho, 2004: 7). Dilihat dari lingkup areanya, domain dibagi menjadi dua, yaitu domain Internasional dan domain negara (Kadir, 2009: 448).
a)         Domain Internasional, yaitu domain yang bebas digunakan oleh siapa saja tanpa harus ada kode negara domain tersebut berasal. Contoh domain internasional adalah sebagai berkut:

Tipe - tipe domain Internasional


Tipe Domain
Keterangan
.com atau .co
Perusahaan komersil
.edu atau .ac
Institusi pendidikan
.gov atau .go
Biro atau badan pemerintah
.mil
Militer
.net
Penyedia jaringan
.org atau or
Organisasi lain – lain
Sumber : Kadir, 2009: 448
b)         Domain Negara, diartikan sebagai domain yang memberikan pengenal pada suatu negara tententu. Sebagai contoh domain negara adalah sebagai berikut:

          Tipe domain negara

Identitas
Negara
Indentitas
Negara
.at
Austria
.my
Malaysia
.au
Austalia
.nz
Selandia baru
.ca
Kanad
.sg
Singapura
.de
Jerman
.tr
Turki
.fr
Prancis
.tw
Taiwan
.id
Indonesia
.uk
Inggris
.jp
Jepang
us.
USA
.kr
Korea Selatan
.ve
Venezuela
.mx
Meksiko
.za
Afrika Selatan
Sumber : Kadir, 2009: 448

Definisi Hosting Menurut Para Ahli

2.                  Hosting
 Nugroho (2004: 09)  menjelaskan bahwa hosting merupakan ruangan yang terdapat dalam hardisk tempat penyimpanan konten-konten yang terdapat pada website. Besarnya konten yang dapat dimasukkan tergantung dari seberapa besar kapasitas hosting  yang disewa. Hosting dibagi menjadi dua, yaitu hosting yang berada pada local server/localhost dan hosting yang berada di server internet. Local server/localhost dapat dimanfaatkan oleh administrator dengan menggunakan beberapa software yang menyediakan aplikasi phpmyadmin dan mysql,  yaitu diantaranya wampserver, apache, ataupun xammp.
Dalam Nugroho (2004: 10) disebutkan bahwa ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh web hosting, yaitu:
a.                   Space, yaitu besarnya ruang penyimpanan di dalam hardisk.
b.                  Control Panel, yaitu suatu aplikasi yang diberikan kepada pemilik situs untuk melakukan tugas-tugas administrasi.
c.                   Aplikasi database server, yaitu aplikasi database server seperti MySQL, Oracle, dsb. Aplikasi ini digunakan untuk menyimpan data situs yang bersangkutan.
d.                  Sub domain, yaitu nama domain yang menginduk pada domain yang telah didaftarkan.
e.                   Counter, yaitu fasilitas untuk menghitung jumlah pengunjung suatu situs tertentu.
f.                   WebMail, fasilitas yang disediakan oleh domain yang bersangkutan untuk mengirim dan menerima email.
g.                  FTP (File Protokol Transfer), yaitu suatu aplikasi yang digunakan untuk mengambil dan menyimpan file secara akses jarak jauh.


3.                  World Wide Web (WWW)
Dalam Dewanto (2006: 3) disebutkan bahwa world wide web merupakan server internet yang didukung oleh bahasa script pemrograman html, serta dapat mendukung dokumen grafik, audio, dan video.  Di dalam www ada beberapa istilah yang harus dipahami yaitu :
a.                  URL (uniform resource locator) merupakan alamat yang mengidentifikasi lokasi dokumen disimpan.
b.                  Home page adalah halaman utama web yang pertama kali muncul pada website (Dewanto, 2006: 3).
c.                  Web page diartikan sebagai sejumlah informasi yang terdapat pada situs web berupa suara, tulisan, ataupun gambar.  Informasi yang ada pada web page tersebut sangat menentukan kualitas suatu website. Jika informasi yang ada di dalamnya berkualitas tidaklah mustahil website tersebut akan selalu dikunjugi para user (Kadir, 2009 : 416).
4.                  Bahasa Pemrograman (Script)
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan empat bahasa pemrograman berbasis web, yaitu HTML, PHP, Java Script,  dan CSS.
a.                   HTML
HTML merupakan ringkasan dari hipertext markup language. Fungsi HTML dalam suatu web adalah untuk menampilkan konten-konten pada web browser. Untuk membuat script HTML dilakukan dengan menuliskan bahasa HTML tersebut ke dalam notepad, kemudiant disimpan dengan format html atau  html. Setelah itu barulah file tersebut dibuka melalui web browser sehingga akan menampilkan halaman website (Wahyono, 2005: 21). 

Script HTML merupakan salah satu script client side, yaitu script yang yang dapat dilihat oleh visitor, sehingga visitor dapat mengetahui script html yang dipakai oleh programmer dalam membuat tampilan web (Anonim, 2006 : 3).

b.               PHP (Hipertext Pre-processor)
PHP merupakan script yang digunakan untuk membuat aplikasi yang dapat terintegrasikan ke dalam halaman HTML, sehingga suatu halaman web dapat bersifat dinamis. Penemu bahasa pemrograman ini adalah Rasmus Lerdof yang bermula dari keinginan sederhana ahli tersebut untuk mempunyai alat bantu dalam memonitoring pengunjung yang ingin melihat situs webnya (Wahyono, 2005: 3). Script PHP tergolong sebagai script server side, yaitu script yang tidak dapat dilihat oleh vititor, dikarenakan script hanya diproses di server web dan hasilnya dikembangkan dalam bentuk tag-tag HTML, sehingga script php pun bisa digabungkan dengan script HTML (Wahana Komputer dan Penerbit Andi, 2006 : 8). 

c.       CSS, dan Javascript
Kedua bahasa pemrograman tersebut termasuk ke dalam jenis bahasa pemroraman clien side. Sedangkan fungsi dari keduanya adalah untuk mempercantik tampilan suatu website. (Wahyono, 2005: 4). Dalam peelitian ini peneliti akan mengambil css dan javascript ang ada pada template SliMS (Senayan Library Management System), serta dari css library Bootstrap.

Definisi Database menurut para ahli

5.         Basis Data
Basis data (database)  adalah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan aktifitas untuk memperoleh informasi. Basis data dimaksudkan untuk mengatasi problem pada sistem yang memakai pendekatan berbasis berkas. Untuk mengelola basis data diperlukan perangkat lunak yang disebut DBMS.  DBMS merupakan perangkat lunak sistem yang memungkinkan para pemakai untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses basis data. Ada beberapa komponen yang diperlukan untuk menyusun DBMS, yaitu perangkat lunak, perangkat keras, data, prosedur, dan orang (kadir, 2003: 257). Dalam penelitian ini database yang digunakan adalah database MySQL dikarenakan database tersebut relatif cepat dalam menampilkan data yang tersimpan di dalamnya.

Definisi dan Sejarah Internet menurut para ahli

6.                     Internet
Internet merupakan suatu media informasi yang berjalanan dalam suatu komputer (Nugroho, 2007: 1). Internet juga diartikan sebagai suatu kumpulan atau gabungan jaringan komputer yang saling berinteraksi dan mendunia, yang dikelola secara bebas (Oetomo, 2007: 32). Dari pengertian-pengertian tersebut dapat diambil pengertian bahwa internet merupakan sekumpulan jaringan internet yang dapat diakses oleh seluruh dunia.
  Jaringan internet pertama kali dikembangkan dalam penelitian militer Amerika Serikat yang disebut Advanced Research Project Agency Network (ARPANet). ARPANet dapat menghubungkan pusat departemen penelitian pertahanan dengan pusat-pusat penelitian di universitas-universitas Amerika Serikat. Tujuannya adalah menghadapi kemungkinan terjadinya serangan nuklir, karena sifat jaringan internet tidak bisa dilumpuhkan hanya dengan merusak satu titik pusat layanannya. Apabila satu titik diserang maka sistem jaringan tetap dapat berfungsi. Ada banyak fasilitas yang dimiliki oleh internet, yaitu email, mailing list, facebook, twitter, netlog, chatting, telnet, website, dan bulletin board service (Oetomo, 2007: 33).

0 komentar :

Posting Komentar