Home » » Definisi Promosi Perpustakaan Menurut Para Ahli

Definisi Promosi Perpustakaan Menurut Para Ahli

Definisi Promosi Perpustakaan Menurut Para Ahlisebelum kita membahas tentang definisi promosi perpustakaan menurut para ahli, kita bahas dulu apa itu promosi. Promosi merupakan  pertukaran informasi antara produsen dan konsumen dengan tujuan utama untuk memberikan informasi tentang produk yang disediakan, serta membujuknya agar mereka bereaksi terhadap produk tersebut. Reaksi yang ditimbulkan oleh konsumen dapat muncul dalam berbagai bentuk, yaitu mulai dari tumbuhnya  kesadaran  atau sekedar mengetahui keberadaan produk yang disediakan, sampai kepada tingkat pembelian ataupun pemanfaatan. 

Definisi Promosi Perpustakaan Menurut Para Ahli


Promosi perpustakaan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang adanya perpustakaan, dan mendorong minat mereka untuk mendayagunakan layanan perpustakaan, baik layanan yang disediakan di dalam gedung perpustakaan maupun di luar gedung perpustakaan. Dengan adanya kegiatan promosi, maka diharapkan tingkat pemanfaatan perpustakaan akan semakin tinggi (Edsall dalam Mustafa, 1996: 21).

             Baca juga : definisi promosi perpustakaan menurut para ahli

            Aspek Promosi Perpustakaan

            Sebelum melakukan promosi perpustakaan, pustakawan harus lebih dulu mempertimbangkan tiga aspek, agar tujuan promosi dapat tercapai. Ketiga aspek tersebut adalah:
1.                    Motivasi Pemustaka
Motivasi diartikan sebagai dorongan seseorang terhadap sesuatu untuk melakukan suatu pekerjaan. Sedangkan yang dimaksud dorongan di sini adalah dorongan dari pemustaka baik bersifat internal maupun eksternal yang menyebabkan mereka mau memanfaatkan layanan perpustakaan.

2.                  Minat Pemustaka
Dalam hal ini harus dikaji lebih dulu adalah terkait apa  sebenarnya minat dan kebutuhan pemustaka. Setelah mengetahui minat serta kebutuhan tersebut barulah ditentukan layanan yang akan disediakan. Karena ketika pemustaka berminat ataupun membutuhkan sesuatu maka secara otomatis mereka akan mencari dengan sendirinya. Dengan demikian layanan perpustakaan akan dapat didayagunakan.

3.                  Latar Belakang
Latar belakang pendidikan, sosial, dan ekonomi sangat menentukan jenis layanan perpustakaan yang disediakan. Karena dengan adanya perbedaan latar belakang tersebut dapat mempengaruhi sesuatu yang mereka butuhkan (Mustafa, 1996: 22). Begitu juga dengan kebutuhan layanan di perpustakaan, dengan adanya perbedaan jurusan pada SMKN 5 Yogyakarta maka akan mempengaruhi layanan yang dibutuhkan oleh pemustakanya.


Media Promosi Perpustakaan

Setelah hal-hal di atas dilakukan, maka barulah perpustakaan melakukan proses promosinya. Ada beberapa bentuk atau media promosi yang dapat digunakan oleh perpustakaan, yaitu diantaranya:
1.                  Iklan
Iklan merupakan media promosi untuk menyajikan informasi terkait ide, ataupun produk yang ada di perpustakaan, baik diperoleh secara berbayar ataupun geratis. Iklan dapat dilakukan ke dalam beberapa bentuk media, baik tercetak ataupun non cetak seperti surat kabar, majalah, brosur, pamflet,  radio, tv, website¸ dan media sosial di internet.


2.                  Kontak Perorangan
Promosi secara kontak perorangan dilakukan dengan cara menemui langsung pemustaka ataupun melalui pesan singkat sms, agar pemustaka mau memanfaatkan layanan perpustakan. Promosi dengan media ini dinilai sangat ampuh. Karena dapat mempererat hubungan antara pustakawan dan pemustaka sehingga akan tercipta image atau kesan yang bagus terhadap perpustakaan.


3.               Insentif

Insentif merupakan pemberian reward kepada pemustaka yang dapat berupa barang ataupun uang. Pemberian tersebut dapat dilakukan karena pemustaka sering berkunjung ke perpustakaan dan memanfaatkan layanannya, dengan cara sayembara,  karena program undian, ataupun karena kebijakan tertentu (Mustafa, 1996: 29 – 31).

0 komentar :

Posting Komentar