Home » , » Definisi Populasi dan Sampel Menurut Para Ahli

Definisi Populasi dan Sampel Menurut Para Ahli

Artikel ini mengkaji tentang :
  1. Apa itu populasi?
  2. Apa itu sampel penelitian?
Definisi Populasi Menurut Para AhliPada postingan sebelumnya sudah dijelaskan terkait definisi metode penelitian kuantitatif menurut para ahli, yang di dalamnya pun sudah dijelaskan mengenai definisi populasi dan sampel penelitian, namun tidak ada salahnya dala postingan ini akan kami jelaskan khusus mengenai definisi populasi dan sampel penelitian menurut para ahli.

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Menurut Sugiyono (2008), populasi merupakan keseluruhan subjek maupun objek penelitian, yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu. Populasi tersebut akan diteliti oleh peneliti untuk kemudian ditentuka berapa sampel yang akan diteliti. Jika suatu penelitian yang diteliti adalah semua populasi, maka disebut dengan penelitian populasi. Sebelum kita masuk ke penjelasan definisi sampel penelitian menurut para ahli, kita perlu tahu apa itu subjek dan objek penelitian.


Definisi Subjek Penelitian Menurut Para Ahli

Subjek penelitian adalah individu yang dijadikan sebagai sumber utama data penelitian. 
Sugiyono (2010:303) menjelaskan bahwa da beberapa kriteria yang dapat dijadikan landasan untuk menentukan sumber data penelitian yaitu:



  1. Mereka yang menguasai atau memahami sesuatu yang diteliti. 
  2. Mereka yang tergolong masih sedang bekecimpung atau terlibat pada kegiatan yang tengah diteliti. 
  3. Mereka yang mempunyai waktu yang memadai untuk dimintai informasi. 
  4. Mereka yang tidak cenderung menyampaikan informasi hasil ”kemasannya” sendiri. 
  5. Mereka yang pada mulanya tergolong ”cukup asing” dengan peneliti sehingga lebih menggairahkan untuk dijadikan semacam guru atau narasumber.

Definisi Objek Penelitian Menurut Para Ahli

objek penelitian diartikan sebagai masalah yang dikaji dalam penelitian tersebut (Saifudin, 1999: 34).

Pengertian Sampel Menurut Para Ahli

Sampel penelitian merupakan sebagian dari populasi yang diteliti (sugiyono, 2008). Menurut Arikunto, ada beberapa cara yang bisa dijadikan sebagai teknik pengambilan sampel penelitian, yaitu jika suatu populasi penelitian jumlahnya kurang dari 100, maka lebih baik semua populasi itu diambil sebagai sampel,  namun jika populasinya lebih dari 100, maka yang diambil antara 10-15% atau 20-55% atau lebih tergantung sedikit banyaknya dari: 1). Kemampuan peneliti dilihat dari waktu, tenaga dan dana 2). Sempit luasnya wilayah pengamatan dari setiap subyek, karena hal ini menyangkut banyak sedikitnya dana. 3). Besar kecilnya resiko yang ditanggung oleh peneliti untuk peneliti yang resikonya besar, tentu saja jika samplenya besar hasilnya akan lebih baik.

0 komentar :

Posting Komentar

< -->