Home » » Definisi Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) Menurut Para Ahli

Definisi Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) Menurut Para Ahli



Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pengertian manajemen pengetahuan (knowledge management) menurut para ahli. Ada beberapa istilah dasar yang perlu diketahui terkait dengan manajemen pengetahuan. Beberapa istilah yang membangun konsep dasar manajemen pengetahuan adalah: data (data), informasi (information), pengetahuan (knowledge), dan kebijaksanaan (wisdom). 
Definisi Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) Menurut Para Ahli


Pengerrian Data Menurut Para Ahli

Data (data) adalah sebuah produk pengamatan yang tidak memiliki makna sebelum diproses, hasil olahan data akan menjadi informasi. 

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Information (informasi) merupakan hasil olahan data yang bisa digunakan untuk menjawab sebuah pertanyaan. 

Pengertian Pengetahuan Menurut Para Ahli

Knowledge (pengetahuan) adalah kemampuan untuk mentransformasikan informasi menjadi sebuah instruksi yang memungkinkan manusia untuk mengontrol sesuatu. 

Pengertian Wisdom Menurut Para Ahli

Wisdom (kebijaksanaan) adalah kemampuan untuk melihat konsekuensi jangka panjang dari tindakan apapun yang didasarkan pada pengetahuan, wisdom juga mencakup evaluasi dari apa yang sudah dikerjakan. 

Definisi Manajemen Pengatahuan atau Knowledge  Management

serangkaian kegiatan mengkoordinasi pengetahuan dalam sebuah organisasi (perpustakaan) untuk mencapai tujuannya. Lebih dalam lagi diungkapkan bahwa manajemen pengetahuan adalah suatu aktivitas sistematis yang dilakukan sebuah organisasi untuk berkreasi dan berbagi pengetahuan sehingga pengetahuan tersebut bisa dimanfaatkan untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut.



Jay H. Bernstein, “The Data-Information-Knowledge-Wisdom Hierarchy and Its Antithesis”, NASKO: North American Symposium on Knowledge Organization, Vol. 2, (2009),
 Paul Lumbantobing, Manajemen Knowledge…


*diambil dari tesisnya mas toriq

0 komentar :

Posting Komentar