Home » » Pemanfaatan Iklan Facebook sebagai Media Promosi Perpustakaan

Pemanfaatan Iklan Facebook sebagai Media Promosi Perpustakaan

Eko Kurniawan, M. Jubaidi
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

ABSTRAK
Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dari banyaknya pengguna tersebut, maka ia dinilai sebagai salah satu media yang efektif untuk digunakan dalam kegiatan promosi perpustakaan. Namun permasalahannya adalah, tidak semua facebook/fanpage perpustakaan mempunyai follower yang banyak, sehingga hal itu menjadi kendala dalam menyebarluaskan informasi kepada pemustaka. Salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat iklan fb. Iklan tersebut digunakan agar follower fb/fp perpustakaan bertambah banyak, dan akhirnya informasi yang ada di fb/fp serta di website perpustakaan banyakyang akses.
Penelitian ini menggunakan metode deksiptif, yaitu sebuah penelitian yang akan menjelaskan secara detail langkah – langkah yang harus dilakukan dalam membuat iklan fb/fp perpustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan membuat iklan di fb/fp maka follower akan bertambah, dan visitor website pun juga akan bertambah banyak.

Kata Kunci : Sosial Media, Fanpage  Perpustakaan, Iklan Facebook.

LATAR BELAKANG
Dalam dunia usaha, para usahawan selalu berusaha dengan keras untuk menggairahkan minat konsumen terhadap produknya. Mereka tidak puas hanya sekedar menghasilkan produk dan kemudian yakin bahwa konsumen akan datang membeli produk tersebut.  Karena mereka berkeyakinan bahwa produk yang telah dihasilkan tidak akan dimanfaatkan oleh konsumen dengan maksimal jika tidak diimbangi dengan kegiatan promosi. Begitu juga dengan perpustakaan, sebagus apapun layanan yang disediakan oleh suatu perpustakaan jika tidak dipromosikan, maka layanan tersebut tidak akan dimanfaatkan dengan maksimal oleh pemustaka (Mustafa, 1993).  Promosi perpustakaan merupakan :
“kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang adanya perpustakaan, dan mendorong minat mereka untuk mendayagunakan layanan perpustakaan, baik layanan yang disediakan di dalam gedung perpustakaan maupun di luar gedung perpustakaan. Dengan adanya kegiatan promosi, maka diharapkan tingkat pemanfaatan perpustakaan akan semakin tinggi” (Edsall dalam Mustafa, 1996).
Sejauh ini telah banyak media yang bisa digunakan dalam melakukan promosi perpustakaan, diantaranya yaitu melalui  brosur, leaflet, poster, surat kabar, website, maupun media sosial.
Salah satu media yang dinilai efektif digunakan dalam promosi perpustakaan adalah media sosial facebook/fp. Dijelaskan bahwa sampai saat ini sudah ada 2 millyar pengguna aktif. Di Indonesia pengguna media sosial tersebut mencapai 15 juta pengguna, dan setiap harinya ada sekitar 65 pengguna warga Indonesia yang mengaksesnya  (Haryanto, 2017). Namun yang menjadi masalah adalah ketika follower fb/fp perpustakaan masih sedikit, sehingga informasi yang disampaikan tidak banyak yang tau. Dari permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah solusi dan inovasi, sehingga follower bisa bertambah, sehingga informasi yang disampaikan pada fp/fp banyak yang membaca/menerima. Kaitannya dengan hal di atas, maka dalam makalah ini akan dijelaskan secara detail terkait bagaimana pemanfatan iklan fb/fp dalam kegiatan promosi perpustakaan.

LANDASAN TEORI
A.    Promosi Perpustakaan
Promosi perpustakaan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang adanya perpustakaan, dan mendorong minat mereka untuk mendayagunakan layanan perpustakaan, baik layanan yang disediakan di dalam gedung perpustakaan maupun di luar gedung perpustakaan. Dengan adanya kegiatan promosi, maka diharapkan tingkat pemanfaatan perpustakaan akan semakin tinggi (Edsall dalam Mustafa, 1996)
B.    Iklan Facebook
Pada situs resmi facebook dijelaskan bahwa iklan fb merupakan iklan yang tampil pada beranda seseorang, baik melalui media desktop, maupun media perangkat seluler. Iklan tersebut akan ditayangkan sesuai jumlah penayang yang disetting sebelumnya oleh pembuat iklan, tentunya jumlah penayang itu disesuaikan dengan budget yang dibayarkan kepada facebook.
Dijelaskan bahwa iklan fb/fp bisa disetting berdasarkan lokasi target, gender, serta usia target. Sehingga iklan bisa disesuaiakan dengan target yang akan dibidik. Misalnya iklan tentang kemeja laki – laki, maka iklan tersebut pun bisa disetting khusus bagi laki – laki dengan usia sekian sampai sekian.

METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan metode deskrpitif, yaitu sebuah penelitian yang berusaha untuk menjelaskan prosedur dalam pemecahan masalah,  diselidiki untuk menjelaskan suatu objek tertentu berdasarkan fakta yang ditemui (http://bit.ly/2xJiGe2). Sedangkan jenis masalah yang diselidiki dalam penelitian ini masuk ke dalam penelitian survey.

PEMBAHASAN
Banyak manfaat yang di dapat oleh perpustakaan jika beriklan di fb, yaitu :
1.     Follower fp bisa bertambah
2.     Pengunjung website perpustakaan semakin banyak
3.     Perpustakaan semakin dikenal oleh masyarakat umum
4.     Informasi bisa tersampikan kepada banyak orang
Terkait dengan biaya iklan, facebook memberikan kebebasan kepada user, dengan kata lain pengiklan diberikan keluasaan dalam menentukan anggaran yang akan dipakai untuk iklan tersebut.
Berikut adalah langkah – langkah yang digunakan untuk membuat iklan di fb/fp.
  1. Masuk ke dalam fp perpustakaan
  2. Klik buat iklan, dan tunggu sampai proses loading selesai.
  1. Pilih anggaran dana, dan jadwal iklan tayang
  1. Pilih lokasi penargetan
  1. Pilih target usia
  1. Piluh jenis kelamin target iklan
  1. Klik lanjutkan
  2. Disitu akan ada 2 pilihan jenis iklan, yaitu
a.      Buat Iklan baru
Iklan ini berupa iklan yang jika diklik akan menuju ke alamat website perpustakaan.
Jikan anda memilih jenis iklan ini, maka langkah berikutnya adalah memilih format iklan.
Lalu memilih gambar yang akan dijadikan ilustrasi pada iklan
Masukkan alamat website perpustakaan
Klik “Konfirmasi” dan lanjutkan
b.     Gunakan kiriman yang ada
Jika iklan ini dipilih, maka secara otomatis kiriman yang ada di fp perpustakaan akan dipromosikan.
Ketika pengiklan memilih jenis iklan ini, maka langkah selanjutnya adalah klik “Lanjutkan” 2x

Setelah memilih salah satu jenis iklan di atas, maka langkah berikutnya adalah melakukan pembayaran kepada Tim FB, berikut adalah langkah – langkahnya :
  1. Klik pengaturan
  2. Klik pengaturan pembayaran
  1. Klik tambahkan uang
  1. Pilih metode pembayaran (misalkan melalui tranver), lalu klik Lanjutkan
  1. Klik lanjutkan pembayaran, lalu klik lanjutkan lagi, maka secara otomatis akan ditujukan pada halaman pembayaran
  1. Lakukan pembayaran kepada TIM FB sesuai dengan intruksi pada halaman pembayaran
  2. Setelah melakukan pembayaran maka secara otomatis iklan akan aktif, sesuai dengan jumlah target, usia target, dan ditampilkan sesuai dengan jumlah hari yang sebelumnya telah dipilih

PENUTUP
Simpulan
Dengan banyaknya pengguna facebook baik di Indonesia maupun di seleuruh dunia, maka facebook diniliai sebagai media yang efektif digunakan sebagai media promosi perpustakaan, akan tetapi masalah yang terjadi ketika follower fb/fp perpustakaan masih sedikit. Salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh perpustakaan adalah mengiklankan fb/fp tersebut di facebook, sehingga follower dan pengunjung website perpustakaan bisa bertambah banyak.
Saran
Saat ini masih sangat sedikit fb/fp perpustakaan yang diklankan di facebook. Padahal media ini dinilai sangat efektif digunakan sebagai media promosi maupun maedia branding. Untuk itu, dengan adanya penelitian sederhana ini, ke depan banyak perpustakaan yang mengikuti lanngkah – langkah di atas sehingga perpustakaan semakin dikenal oleh masyarakat secara luas.









DAFTAR PUSTAKA

Haryanto, A. T. (2017, Agustus 15). Jumlah Pengguna Facebook di Indonesia Terus Bertambah. Diakses dari Detik.com: http://bit.ly/2yxOu4J tanggal 9 September 2017.
Mustafa, Badollahi. 1996. Promosi Jasa Perpustakaan. Jakarta: Depdikbud.
www.facebook.com diakses pada tanggal 29 September 2017.



0 komentar :

Posting Komentar

< -->