Home » » Desain Cms (Content Management System) Sebagai Media Informasi Perpustakaan Perguruan Tinggi

Desain Cms (Content Management System) Sebagai Media Informasi Perpustakaan Perguruan Tinggi



Eko Kurniawan
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Di era teknologi seperti saat ini, website merupakan salah satu media pokok yang harus dimiliki oleh sebuah perpustakaan Perguruan Tinggi. Melalui website, perpustakaan dapat mempublish semua informasi yang dimilikinya sehingga informasi tersebut bisa tersalurkan kepada pemustaka secara cepat.
Setelah melakukan penelusuran di internet,  sampai saat ini masih banyak Perpustakaan Perguruan Tinggi yang belum memiliki website. Salah satu faktornya  adalah belum adanya SDM yang mampu untuk menangani hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain sebuah CMS (Content Management System) perpustakaan, yang bisa diterapkan disemua perpustakaan Perguruan Tinggi.

Baca juga : Ciri Ciri Website yang Bisa Dijadikan sebagai Referensi

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan mengggunakan pendekatan SDLC (system development life cycle). Dari penelitian yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan adanya CMS tersebut, maka perpustakaan tidak lagi harus mendesain website dari awal secara manual, sehingga yang perlu dilakukan hanyalah mengonlinekan CMS dan mengisinya dengan konten – konten yang sesuai dengan masing – masing perpustakaan.


Kata kunci : CMS (content management system), website perpustakaan, desain website


Baca juga definisi literasi menurut para ahli

0 komentar :

Posting Komentar