Home » , » Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word

Daftar isi merupakan sebuah media yang bisa menjelaskan isi dari sebuah karya tulis. Bagi kita yang masih awam, dan belum bisa membuat daftar isi secara otomatis, maka hal ini sangat merepotkan sekali. Kita harus membuat halaman halaman secara manual, konsekuensinya jika ada salah satu halaman berubah, maka semua harus dirubah satu per satu.

Berbeda dengan ketika kita memanfaatkan fasilitas daftar isi otomatis yang ada pada ms word. Disitu kita tinggal klik heading, kemudian jadilah daftar isi secara otomatis. 
Kemudian,,, jika terjadi perubahan - perubahan pada halaman, maka kita tinggal melakukan update, maka secara otomatis halaman akan berbah dengan sendirinya,. tanpa kita rubah satu satu,, enak kannn?

Cara membuat daftar isi secara otomatis

Untuk membuat daftar isi otomatis di Ms. Word, kita harus menyelesaikan dulu karya tulisnya.  Dalam contoh ini, kita akan buatkan daftar isi pada suatu makalah. 

Sekali lagi, siapkan makalah anda yang sudah jadi dulu yaaaa....... 

dan biasanya, makalah itu terdiri dari Bab, sub bab, dan sub sub bab. (lihat gambar di bawah ini).

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word


Bagi poin poin yang masuk ke dalam BAB, misalnya tulisan KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, BAB I PENDAHULUAN, dan seterusnya, maka blog tulisan tersebut, lalu klik home ==> kemudian klik heading 1

membuat daftar isi di ms word


Jika setelah anda klik heading 1 ternyata bentuknya berantakan, maka silakan klik kanan pada heading 1, kemudian klik modify, lalu sesuaikan tulisannya.
  1. Huruf : times new roman
  2. Ukuran : 12
  3. Klik B
  4. Warna hitam
  5. rata tengah
Kemudian klik oke..
Jika poin kata pengantar sampai bab i pendahuluan sudah di kasih heading 1, maka kita masuk ke sub bab pertama, yaitu latar belakang, blog sub bab latar belakang, kemudian klik heading 2, kenapa jeading 2, karena ia adalah sub sub bab, dan jika ia adalah sub sub bab, maka klik heading 3.
Jika semuanya sudah dikasih heading - heading, maka langkah selanjutnya tempatkan krusor pada halaman daftar isi.


Kemudian klik references lalu klik table of content (yang berada di pojok kiri atas), kemudian kliik content yang pertama..

apa yang terjadi?????
munculkan dafar pustakanya....


Demikian artikel cara membuat daftar pustaka otomatis di ms word, semoga bermanfaat


2 komentar :

  1. Mas yang pemberian nomer halaman otomatis sudah ada belum ya

    BalasHapus