Home » , » Definisi Literasi Informasi menurut para ahli

Definisi Literasi Informasi menurut para ahli




Artikel ini membahas :

  1. Apa itu literasi
  2. apa itu literasi informasi
  3. apa definisi literais informasi menurut para ahli
  4. apa pengertian literasi menurut para ahli


Ada bayak definisi literasi informasi yang bisa kita baca, namun pada intinya literasi informasi merupakan sebuah kemampuan untuk mencari, mengevaluasi, menggunakan, serta menyebarluaskan informasi dengan baik.


Literasi Informasi menurut perspektif islam


Literasi informasi sendiri sebenarnya berawal dari islam, hal tersebut dibuktikan dalam alquran, surat al hurat ayat 6 yang artinya, “ Hai orang-orang yang beriman, jika seseorang yang fasik datang kepada kalian membawa suatu berita, maka telitilah “ ( QS. Al-hujurat (49): 6)
Definisi Literasi Informasi menurut para ahli

Implementasi literasi informasi dalam kehidupan sehari hari

Inti dari ayat tersebut memerintahkan kepada kita, bahwa pada saat kita mendapatkan suatu informasi, kita barus mengecek terlebih dulu, apakah informasi itu valid atau tidak. Jika dikaitkan dengan saat ini, ayat tersebut sangat relevan, dikarenakan di dunia yang serba teknologi seperti saat ini, kita dengan mudah mencari informasi di internet, namun permasalahannya adalah,,, tidak semua informasi yang ada di internet tersebut bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, sehingga wajib bagi kita untuk memilah dan melilih, serta membedakan mana informasi yang bisa kita pakai, dan mana informasi yang tidak bisa kita pakai.

      Baca juga Desain Cms (Content Management System) Sebagai Media Informasi Perpustakaan Perguruan Tinggi



Selain itu, sering kali kita mendapatkan brotkes whatsap, bbm, maupun brotkes sms. sebagai orang literate, kita tidak tidak boleh langsung menyebarkan isi brotkes tersebut, akan tetapi terlebih dulu kita teliti, apakah informasi itu bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya atau tidak. Dan jika kita sudab meneliti, serta meyakini bahwa informasi itu ternyata valid, langkah berikitnya adalah, kita harus melihat apakah informasi itu bermanfaat bagi orang lain atu tidak.
Jika informasi gang kita terima itu teryata valid, dan bermanfaat bagi orang lain, maka hendaknya kita sebarkan, namjn jika infotmasi itu valid namun ternyata tidak bisa memberikan manfaat, maka janganlah disebarkan, terlebih jika informasi itu tidak valid, maka berhentilah di tangan anda, jangan disebarkan.


Baca juga : Definisi metode penelitian kualitatif menurut para ahli

Kaitannya dengan hal di tas, ada banyak model literasi informasi yang bisa kita pakai, dan kita terapkan dalam kehidulan sehari hari, misalnya big six, Seven Pillars, dsb. 

Apa itu model literasi informasi?, tunggu postingan berikutnya ya,, Itulah artike tentang definisi atau pengertian literasi informasi menurut para ahlii, semoga bisa memberikan manfaat kepada anda.

1 komentar :

< -->